Cara Menaikkan Daya Listrik PLN Online Lewat Internet

Posted by & filed under .

Listrik di rumah yang berkapasitas 2200 Watt ternyata sudah tidak mencukupi lagi, sering banget anjlok. Memang kalo dihitung-hitung AC yang jumlahnya tiga kalo dihidupkan bersamaan sudah menghabiskan  2100 watt sendiri, belum mesin cuci, pompa air , TV dan lain-lainnya. Akibat sering anjlok takutnya akan merusak komputer atau Tv. Untuk  itu saya berniat untuk menaikkan daya listrik ke PLN.  Akhirnya datanglah saya ke Gerai PLN di pusat perbelanjaan di Pamulang. Saya mendapatkan informasi untuk menaikkan daya dari 2200 watt ke 4400 watt perlu dipersiapkan beberapa dokumen dan syarat-syarat , antara lain :

  • Fotokopi KTP dan surat kuasa kalau diwakilkan
  • Slip pembayaran terakhir
  • Denah lokasi
  • fotokopi Kartu keluarga
  • Mengisi formulir permintaan kenaikan daya
  • Melunasi pembayaran biaya kenaikan daya dari 2200 – 4400

Karena waktu itu saya tidak membawa dokumen- dokumen tersebut, akhirnya saya tidak jadi melakukan pangajuan kenaikan daya. Tetapi menurut petugasnya kita bisa juga melakukan permohonan kenaikan daya via internet lewat webnya PLN : http://www.pln.co.id

Ternyata memang benar, ada menu layanan di webnya PLN, untuk permohonan sambungan baru, perubahan daya/migrasi/atau bisa juga permohonan sambungan sementara. Berikut ini linknya untuk permohonan perubahan daya. http://www.pln.co.id/pbpd/PD.php , namun ternyata layanan ini hanya tersedia untuk wilayah Jawa, Bali, SUMUT, SUMBAR, Riau, Lampung, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Tinggal kita isi Form diatas, tetapi dengan syarat kita sudah melunasi tagihan terakhir paling lambat 1 x 24jam sebelumnya. Kalao masih ada tunggakan tagihan akan ditolak oleh sistem.
Berikut ini alur dari proses perubahan daya secara online.

Setelah kita mengisi formulir permohonan perubahan daya, kita akan menerima email validasi berupa kode konfirmasi. Selanjutnya kita input sesuai kode yang dikirim via email ke web PBPD online setelah itu kita akan menerima surat izin pemasangan, no agenda dan no registrasi untuk pembayaran.

Kelemahan sistem ini kita harus ke ATM untuk melakukan pembayaran, belum bisa melalui internet banking. Kemudian untuk perubahan daya ke 4400 watt juga wajib migrasi ke meteran pra bayar. Dan untuk pembelian voucher pra bayar juga belum bisa melalui internet banking tetap harus ke ATM atau ke Gerai PLN.

Proses perubahan daya maksimal sepuluh hari kerja, alhamdulillah kemarin baru tiga hari sudah ada petugas yang melakukan perubahan daya. Kelebihan sistem ini adalah bisa menghindari pungli dan  memotong proses birokrasi yang biasanya berbelit-belit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>